-

Senin, 21 September 2015

Tips Mencegah Datangnya Penyakit Dengan Buah Nanas

Tips Mencegah Datangnya Penyakit Dengan Buah Nanas,Buah Nanas merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan Vitamin A dan C yang dimana kedua vitamin tersebut mampu menangkal radikal bebas. Selain memiliki vitamin A dan C, Buah nanas juga mengandung magnesium, zat besi, Fosfor, kalium, kalsium, natrium, sukrosa, dekstrosa dan enzim bromelain.

Sekilas Tentang Buah Nanas
=>Nanas yang mempunyai nama botani Ananas comosus merupakan tanaman dari keluarga Bromeliaceae adalah tanaman tropika yang berasal dari Amerika Selatan, pertama kali ditemukan di wilayah Brasil, Bolivia, dan juga Paraguay.  Selain di Indonesia tanaman nanas juga banyak ditanam di Thailand, Filipino, Amerika Selatan, Afrika. dan di Malaysia. Di Indonesia yaitu golongan Cayene dan Queen. Ragam varietas / cultivar nanas yang dikatagorikan unggul, adalah nanas Bogor, Subang dan Palembang. Nanas merupakan tanaman buah yang selalu tersedia sepanjang tahun. Herba tahunan atau dua tahunan, tinggi 50-150 cm, terdapat tunas merayap pada bagian pangkalnya. Daun berkumpul dalam roset akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah. Helaian daun bentuk pedang, tebal, liat, panjang 80-120 cm, lebar 2-6 cm, ujung lancip menyerupai duri, tepi berduri tempel yang membengkok ke atas, sisi bawah bersisik putih, berwarna hijau atau hijau kemerahan.

Kandungan Buha Nanas
=>Tinggi mengandung vitamin A dan manfaat beta-karoten, bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Sarat dengan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan, penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan pilek, flu dan virus, menjaga gusi sehat, dan melindungi terhadap penyakit periodontal dan kanker mulut. Mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Mengandung Vitamin B1 (Thiamin) untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot, dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat. Mengandung Fosfor yang bermanfaat mempromosikan tulang dan gigi yang kuat, menghentikan perkembangan osteoporosis. Merngandung Kalium untuk mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal. Mangan, yaitu mineral penting tidak bisa dibuat oleh tubuh juga ditemukan dalam buah nanas . Mangan mendukung perkembangan dan fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan metabolisme.

Khasiat Dan Manfaat Dari Buah Nanas
=>Membantu melunakkan makanan di dalam lambung Kandungan enzim bromelain pada buah nanas dapat berguna untuk membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Selain itu, enzim bromelain juga berfungsi sebagai antiradang dan penghambat pertumbuhan sel kanker.
=>Menurunkan berat badan Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas terbukti membatu program diet untuk menurunkan berat badan secara alamiah.

=>Menjaga kesehatan gigi Buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya plak pada gigi dan juga penyakit gusi.

=>Meningkatkan gula darah Karena mempunyai kadar gula yang lumayan tinggi, buah nanas baik untuk penderita kadar gula rendah. Mengonsumsi nanas bisa membantu meningkatkan kadar gula darah.

=>Mengatasi sembelit Kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi bisa membuat sembelit. Mengonsumsi buah yang yang banyak mengandung serat bisa mengatasi masalah sembelit. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

=>Mengatasi kembung Untuk mengobati gangguan kembung di dalam perut menggunakan buah nanas cukup mudah. Caranya, minum jus nanas murni paling tidak 30 menit sebelum Anda menyantap makanan. Lakukan 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 cc sekali minum.

=>Mengatasi peradangan kulit Buah nanas juga bisa untuk mengatasi masalah peradangan kulit, yaitu untuk mengatasi kulit mengelupas dan bersisik. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.

=>Menguatkan kekebalan tubuh Kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah nanas bermanfaat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua senyawa tersebut memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar